Buah Salak PONTAS di Kelurahan Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya

Diantara kemajuan pembangunan kelurahan Ciakar dalam bidang pertanian adalah budidaya pertanian Salak Pontas. Brand yang muncul menjadi kelurahan sebagai Sentra Salak di Kota Tasikmalaya. Lalu perkembangannya bagi pembangunan wilayah bahwa Potensi Pertanian salak PONTAS (Pondoh Tasikmalaya) di Ciakar Cibeureum Kota Tasikmalaya senantiasa mengalami peningkatan.

Ciakar, adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. disana terdapat potensi pertanian Salak PONTAS. Salak PONTAS (Pondoh Tasikmalaya) adalah jenis salak hasil persilangan dari salak pondoh sleman dan salak tasikmalaya. Dimana keunggulan dari salah pondoh sleman terdapat dari rasanya yang manis sedangkan salak tasik dari bentuknya yang besar sehingga salak PONTAS memiliki keunggulan rasa yang manis dengan bentuk yang besar.
Salak PONTAS ini mulai dibudidayakan oleh Kelompok Tani Mekar Jaya yang beralamat di Kp. Margamulya dan Sukasirna Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya sejak tahun 2013. Luas pertanian salak PONTAS saat ini mencapai 43 hektar dan direncanakan akan terus diperluas mengingat potensi besar dari salak PONTAS ini. Dalam 1 hektar terdapat sekitar 2500 pohon, dalam jangka waktu 2 tahun sudah dapat berproduksi dengan rata-rata produksi perpohonnya dalam satu tahun mencapai 10 kg.

Menurut Ketua Gapoktan Kelurahan Ciakar, H. SOLEH SOMANTRI yang juga merupakan pelopor budidaya Salak PONTAS, direncanakan pada tahun 2015 sebagai Agrowisata akan dibangun benteng untuk luas area salak PONTAS seluas 5 hektar yang didalamnya terdapat rumah makan serta parkir kendaraan motor maupun mobil dimana para pengunjung dapat memetik sendiri untuk dikonsumsi para pengunjung, layaknya wisata agrowisata apel di Malang. Selama ini pemasaran salak PONTAS meliputi daerah Garut, Bandung, Majalengka, Sumedang, Bandung dan Jakarta, umumnya mereka datang ke lokasi. Serta beberapa rombongan dari Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya bahkan Malaysia pernah datang ke lokasi Budidaya Pertanian Salak PONTAS ini.