Sejarah Kelurahan Ciakar Tasikmalaya

Penulis memang tidak tahu persis bagaimana awal mula munculnya daerah ciakar ini, karena tidak ada legenda rakyat ataupun kisah tokoh khusus yang beredar di masyarakat. Tetapi walau bagaimana, penulis sebagai salah satu penduduk yang terlahir di kampung indah, bersih serta nyaman ini, tetap bangga dan kagum terhadap kelurahan ciakar sebab memiliki kekentalan budaya masyarakat sunda yang masih melekat sampai saat ini. 


Sejarah kelurahan Ciakar kecamatan Cibeureum yang berada di wilayah kota Tasikmalaya sampai saat ini masih menjadi misteri. Istilah misteri ini bukan berarti horor, tetapi belum ada yang mendeskripsikan dan menguraikannya secara jelas. 

Jauh sebelum ada penamaan Ciakar, pada masa kepenjajahan Belanda dan Jepang menurut sumber sepihak kakek penulis, dahulunya berada di bawah pemerintahan Kabupatian, wilayah ciakar ini masih hutan belantara dan pesawahan yang asri, namun seiring politik kemerdekaan waktu itu, para tokoh yang terlahir di daerah ciakar yang sekarang, umumnya para kiyai dan pemuka agama. 

Pusat pemerintahan menurut berbagai pihak memang dari dulu sampai sekarang berpusat di kantor yang sekarang yaitu di Kampung Sukasirna, yang posisinya tepat di tengah wilayah pemerintahan kelurahan ini.

Sebelum muncul istilah kelurahan, ketika Tasikmalaya masih dalam Kota Administratif, ciakar berada dalam posisi : Desa Ciakar, dan itu bermula dari Desa buatan yang didirikan pada tahun 1980, hasil dari pemekaran yaitu dari Desa Karangsambung kemudian berkembang menjadi Desa Ciherang dan Desa Ciakar. dan sesuai dengan perkembangan wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang berkembang menjadi dua bagian yaitu Kabupaten Tasikmalaya dan Wilayah Kotamadya Tasikmalaya maka Desa Ciakar pada tanggal 17 Oktober 2004 secara resmi berubah Statusnya menjadi Kelurahan.

Demikian selayang pandang kelurahan Ciakar yang sampai sekarang masih alami belum terkontaminasi pabrik dan polusi, tetapi sayang inspra struktur jalannya masih rusak parah, padahal ini termasuk wilayah kota di pemkot Tasikmalaya.

Disadur ulang oleh Asep Iwan Tasik dihimpun dari berbagai sumber dan wikipedia. 
Info perusahaan di kelurahan ciakar banyak yang bergerak di bidang konveksi, terkait dengan ini maka kami informasikan bursa dagang harga pasaran mesin juki 2014 di tahun ini