Pusat Salak Pondoh Tasikmalaya di Ciakar

Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, segera menjadikan kebun salak Pondoh Tasik (Pontas) di Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibeureum, sebagai daerah tujuan agrowisata guna mendorong perekonomian masyarakat setempat.

"Pemkot akan menjadikan kebun salak pontas yang terletak di Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibeureum sebagai daerah tujuan agrowisata," kata

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, saat peresmian gapura jalan menuju kebun salak pontas, Kamis mengatakan, upaya mewujudkan daerah agrowisata itu dengan mendorong pembangunan sarana dan prasana agar mampu mengundang minat kunjungan wisatawan.

Sarana yang segera dibangun, kata Budi, terutama pengaspalan jalan sepanjang dua kilometer menuju lokasi kebun salak pontas dan areal seputarnya dengan dana APBD 2013 sebesar Rp500 juta.

Upaya lain yang akan dilakukan Pemkot Tasikmalaya yakni menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu petani salak pontas melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR)-nya.

Pemkot Tasikmalaya juga akan menetapkan buah salak pontas untuk hanya ditanam di Kelurahan Ciakar. "Salak pontas hanya ditanam di Kelurahan Ciakar, sebagai upaya agar tiap daerah itu mempunyai ciri khas masing-masing," katanya.
Disadur ulang oleh Asep Iwan Tasik dihimpun dari berbagai sumber