KOSPINWANCIK Koperasi Simpan Pinjam Warga Ciakar

Pada Tanggal 27 April 2011, bertempat di Halaman Kantor Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Walikota Tasikmalaya membuka secara resmi Koperasi Simpan Pinjam Warga Ciakar, yang di hadiri oleh Muspika Kecamatan, tokoh masyarakat dan warga sekitar.
Adapun Visi dan Miasi Koperasi Simpan Pinjam Warga Ciakar adalah sebagai berikut :
Visi : "Turut Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan masyarakat Kelurahan Ciakar Kecamatan   Cibeureum.
Misi : 
1. Menyediakan dan meningkatkan modal usaha ekonomi masyarakat
2. Membantu masyarakat miskin Kelurahan Ciakar untuk berusaha
3. Mempasilitasi dalam peningkatan usaha khusus usaha kecil dan menengah
4. Menjadikan lembaga "KOSPINWANCIK" sebagai bank masyarakat

Keunggulan KOSPINWANCIK ini adalah pada ketetapan pengembalian pinjaman dengan bunga yang ringan yang besarannya ditentukan melalui musyawarah masyarakat kelurahan itu sendiri, selain itu syarat untuk melakukan peminjaman dana KOSPINWANCIK tidaklah sulit. Untuk pinjaman dibawah 1 juta cukup dengan jaminan kartu keluarga dan tidak perlu jaminan lainnya, namun dengan catatan warga tersebut berdomisili dan bertempat tinggal di Ciakar serta memiliki Kartu Keluarga yang diterbitkan Kecamatan Cibeureum.
Dalam pelaksanaan kedepannya badan usaha masyarakat ini akan dikembangkan menjadi badan usaha milik Kelurahan yang kedepannya memiliki usaha yang lebih besar dan membantu masyarakat Kelurahan, terang ketua KOSPINWANCIK (H.Saleh) saat menyampaikan laporannya.

"Modal utama susksesnya KOSPINWANCIK yaitu kejujuran, tegas Walikota Tasikmalaya dalam sambutannya, Beliau pun berjanji akan memberi hadiah di berangkatkan Umroh bagi Pegawai kopersi yang berprestasi dan terbaik ."